Seperti yang kita tahu, minuman bubble tea adalah minuman yang sangat digandrungi sejak tahun 2013
sampai saat ini. Minuman ini awalnya hanya dapat ditemui di tempat-tempat
tertentu seperti Mall, Foodcourt ataupun
Supermarket. Namun, karena semakin berkembangnya peminat dari minuman bubble tea, banyak sekali orang yang
memanfaatkan momentum tersebut untuk membuat usaha bubble tea semakin merajalela.
Salah satu orang yang akan kita bahas saat ini,
yaitu Chandra. Pria ini adalah owner dari sebuah bisnis minuman “Keraton Solo
Bubble tea” yang kini sudah memiliki 200 cabang yang tersebar di berbagai kota.
Melalui YouTube Alona Tv, Chandra atau yang biasa
disebut sebagai om uban ini menceritakan karirnya sebelum bisnisnya yang kini
mendapatkan penghargaan sebagai “Anugerah Wirausaha Indonesia” pada tahun 2016
silam.
Chandra pernah bekerja menjadi Office Boy, lalu menjadi Cleaning
Service di sebuah mall. Ia juga pernah menjadi pengamen dan penjual koran
untuk mengumpulkan uang. Chandra mengerti rasa lelahnya pekerjaan, sehingga
dari pekerjaan-pekerjaan yang telah ia lalui dapat memberikannya banyak hal
pelajaran untuk selalu menghargai pekerjaan setiap orang.
Saat umurnya menginjak angka 33 tahun, ia memutuskan
untuk keluar dari ‘zona nyaman’. Ia memulai usaha pertamanya yaitu membuka
rental ps. Semua berjalan lancar selama 1 tahun sebelum ia terkena musibah
kemalingan. Tidak membuatnya patah semangat, Chandra pun lanjut mendirikan
usaha Laundry Kiloan di dekat kos-kos an. Tidak sampai satu tahun berjalan,
sayangnya usaha tersebut bangkrut. Hingga akhirnya ia bekerja sebagai karyawan
di sebuah kantor.
Di tahun 2013, ia kembali keluar dari zona nyamannya
sebagai karyawan. Melihat banyaknya franchise bubble tea yang berasal dari luar negeri, ia pun tergerak untuk
membuatnya sendiri. Ia merasa Indonesia memiliki keragaman bahan baku dan
masyarakatnya memiliki kretivitas tinggi bila mau keluar dari zona nyaman.
Sumber
Foto : Instagram @keratonsolo_bubbletea
Pada akhir tahun 2013, melihat banyaknya peminat
bisnis minuman bubble tea miliknya
ini, sehingga ia memutuskan untuk membuka program franchise dan juga kemitraan agar
bisnisnya ini semakin tersebar di seluruh wilayah.
Sumber
Foto : Instagram @keratonsolo_bubbletea
Ia juga memaparkan bagaimana cara agar bisnisnya ini
terkenal dari mulut ke mulut, yaitu dengan cara mengikuti berbagai macam acara bazaar dan menjadi sponsor dalam
seminar-seminar.
Sebelum mengakhiri sesi wawancara nya, beliau
memberi pesan kepada para pemuda yang masih ragu dalam memulai bisnis. “Keluar
dari zona umum, jangan takut untuk memulai bisnis dari 0” tukasnya
Sumber : YouTube Alona Tv https://www.youtube.com/watch?v=zM71rZqlbBQ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar